Apa itu program Google Partner?


Google mempunyai program yang namanya Google Partner, dalam program ini Google juga mensertifikasi para agency/penyedia jasa AdWords. Penyedia jasa AdWords yang tersertifikasi akan diberikan oleh Google sebuah badge Google Partner dan sebuah link khusus yang menyatakan mereka adalah Google Partner. Untuk mendapatkan badge dan link sertifikasi bukanlah mudah, penyedia jasa AdWords harus melewati beberapa tahapan yang telah ditentukan oleh Google, berikut adalah tahapannya:
  1. Salah satu staff dari agency/penyedia jasa AdWords tersebut telah lulus ujian fundamental dan ujian advance terlebih dahulu, dan ujiannya tidaklah mudah, dimana peserta ujian harus belajar kurikulum AdWords terlebuh dahulu
  2. Agency/penyedia jasa AdWords harus telah me-manage setidaknya $10.000 (atau mata uang yang sebanding) dari akun-akun AdWords yang dikelolanya selama 3 bulan terakhir
  3. Agency/penyedia jasa AdWords harus melakukan AdWords best practice yang telah ditentukan. Best practice meliputi penggunaan secara optimal tools-tools kampanye AdWords dan juga customer retention, yakni seberapa banyak customer yang bertahan berlangganan dengan penyedia jasa AdWords tersebut, dengan kata lain AdWords best practice adalah mempraktikan dan mengoptimalkan kampanye-kampanye kliennya sehingga para kliennya senang dan puas dengan kualitas kerja agency tersebut dan terus memakai jasa dari agency jasa AdWords tersebut. Untuk menentukan best practice, Google punya minimum parameter tersendiri yang harus dilampaui oleh agency/penyedia jasa AdWords.
Setelah para agency jasa AdWords telah memuaskan 3 syarat diatas maka Google akan memberikan badge Google Partner yang bisa dipasang di website mereka dan sebuah link khusus yang menyatakan bahwa agency jasa tersebut telah melampaui semua persyaratan menjadi Google Partner, link sertifikasi Gusti Search silakan lihat disini.

Nah apabila sebuah agency jasa AdWords telah mendapatkan badge dan link khusus sertifikasi, maka kredibilitas dan kualitas penyedia jasa AdWords tersebut telah di-approved oleh Google dan Google berarti mempercayai kualitas kerjanya, apabila Google percaya maka klien pun akan percaya.

Berarti mudah sekali dan tidak repot untuk  menentukan kredibilitas dan kualitas sebuah jasa agency/penyedia AdWords. Pertama-tama cek di website agency jasa AdWords tersebut apakah mereka punya badge Google Partner, lalu coba klik badgenya apakah akan nge-link ke halaman sertifikasi, karena apabila tidak ada linknya, kredibilitas mereka tetap harus dipertanyakan.

Demikian informasi ini, semoga bermanfaat